Cari Informasi lainnya melalui pencarian berikut:

Lihat Info UKK SMK 2012 di sini

25 Juni 2012

Ujian Online Guru Bersertifikasi Semakin Dekat

. 25 Juni 2012
,Share,

Pemerintah telah memepersiapkan untuk pelaksanaan Ujian Online Guru yang Telah Bersertifikasi. Ini adalah salah satu program pemerintah untuk Peningkatan Kinerja Guru. PK Guru akan segera dilaksankan mulai tahun 2012 ini, apakah rekan guru semua telah siap?... kalau kita melaksanakan tugas sebagai guru dengan baik persiapan itu telah anda laksanakan dengan tidak terasa.
Salah satu persiapan yang dilakukan pemerintah adalah menyiapkan website, yang akan digunakan sebagai pusat Ujian Online yang kabarnya akan dilaksankan 31 Juli 2012 nanti. Anda dapat membuka website ini di http://ekinerjaguru.org/. Ujian online dapat anda buka di Menu UJI KOMPETENSI DAN PENILAIAN KINERJA.Anda dapat melihat pada gambar diatas.
Untuk lebih lengkapnya dapat anda lihat pada panduan berikut ini:



Atau anda juga dapat mencoba aplikasi ekinerja.org secara ofline yang dapat anda unduh disini: http://ekinerjaguru.org/download/Setup.exe.

Kutipan tentang arti PK Guru dapat anda lihat berikut ini,

Penilaian Kinerja Guru,
Penilaian kinerja guru dapat diartikan sebagai sebuah proses penilaian pencapaian tentang unjuk kerja guru pada masa lalu atau saat ini berdasarkan lingkungan kerja mereka dan tentang potensi masa depan guru yang bermanfaat dan berkontribusi bagi kemajuan dan kualitas sekolah. (Sedarmiyanti, 2008 : 270), menyatakan bahwa proses penilaian kinerja adalah kegiatan mendesain untuk menilai prestasi individu atau kelompok yang bermanfaat bagi organisasi.

Mangkunegara (2008 : 9-10) mendefinisikan penilaian kinerja sebagai berikut :
a. Penilaian kinerja adalah suatu proses yang digunakan pemimpin untuk menentukan apakah seorang karyawan melakukan pekerjaanya sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.
b. Penilaian kinerja adalah evaluasi yang sistematis dari pekerjaan pegawai dan potensi yang dapat dikembangkan yang dapat dijadikan dasar sebagai penentu kebijakan dalam hal promosi jabatan atau penentuan imbalan.
c. Penilaian kinerja adalah kegiatan mengukur/menilai untuk menetapkan seorang pegawai/seorang karyawan sukses atau gagal dalam melaksanakan pekerjaannya dengan mempergunakan standar pekerjaan sebagai tolok ukurnya.

Kinerja guru adalah proses atau hasil yang diraih seorang guru atas tugas yang diberikan kepala sekolah sesuai dengan tanggung jawabnya.
Kepala sekolah selaku pimpinan tertinggi di sekolah, perlu menciptakan suasan kerja yang kondusif, nyaman dan tenang. Bila kegairahan kerja tertanam pada semua guru dan staf maka akan berpengaruh terhadap aktivitas guru dan staf lainnya di sekolah. Kegairah kerja akan berpengaruh pula terhadap moral kerja guru.

Beberapa faktor yang mempengaruhi moral kerja karyawan dikemukakan Rachmawati (2008 : 16) sebagai berikut :
1. Kesadaran akan tujuan organisasi;
2. Hubungan antarmanusia dalam organisasi berjalan harmonis;
3. Kepemimpinan yang menyenangkan;
4. Tingkatan organisasi;
5. Upah dan gaji;
6. Kesempatan untuk meningkat atau promosi;
7. Pembagian tugas dan tanggung jawab;
8. Kesempatan individu;
9. Proses diterima dalam kelompok;
10. Dinamika lingkungan;
11. Kepribadian.

Selanjutnya Sedarmayanti (2008 : 260-263) menjelaskan bahwa program manajemen penilaian kinerja yang efektif hendaknya memenuhi syarat-syarat berikut :
1. Relavance, hal-hal atau faktor-faktor yang diukur harus relavan (terkait) dengan pekerjaanya, apakah itu out put-nya, prosesnya, atau input-nya.
2. Sensitivity, sistem yang digunakan harus cukup peka untuk membedakan antara karyawan yang berprestasi dan yang tidak berprestasi.
3. Reliability, sistem yang digunakan harus dapat diandalkan,sahih, akurat,konsisten, dan stabil.
4. Acceptabiliy, sistem yang digunakan harus dapat dimengerti dan diterima oleh karyawan yang menjadi penilai maupun yang dinilai dan memfasilitasi komunikasi aktif dan kostruktif antarkeduanya.

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa yang menjadi fokus penilaian terhadap kinerja guru mencakup:
a. Apa yang dilakukan seorang guru dalam periode tertentu?
b. Bagaimana cara guru yang dinilai melaksanakan pekerjaanya selama periode tertentu?
c. Mengapa guru melaksanakan pekerjaanya dengan cara demikian?
d. Seberapa baik potensi guru berpengaruh terhadap kemajuan sekolah pada masa yang akan datang?

Hasil penilaian terhadap aspek-aspek tersebut dibandingkan dengan hasil analisis pekerjaan yang sudah dibuat sebelumnya atau dengan standar pekerjaan guru. Hasil spenilaian sangat berguna untuk mengetahui apakah yang sudah dikerjakan guru sesuai atau belum sesuai dengan apa yang seharusnya dikerjakan guru tersebut. Penilaian kinerja guru bertujuan untuk mengetahui mengapa seorang guru melaksanakan pekerjaan seperti yang telah dilakukannya.

Unsur penilaian kinerja guru menurut Departemen Pendidikan Nasional (2004 : 35) yaitu :
1. Pengembangan pribadi, dengan indikator aplikasi mengajar, kegiatan ektrakurikuler, kualitas guru;
2. Pembelajaran, dengan indikator perencanaan, dan evaluasi;
3. Sumber belajar, dengan indikator ketersediaan bahan ajar, pemanfaatan sumber belajar;
4. Evaluasi belajar, dengan indikator penyiapan soal/tes, hasil tes program tindak lanjut.


Bookmark and Share

Artikel Terkait Lainnya:




0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Pasang Banner Anda Di Sini

 
Hanya Kutipan is powered by Blogger.com