Cari Informasi lainnya melalui pencarian berikut:

Lihat Info UKK SMK 2012 di sini

28 April 2011

Membuat Rangkaian Lampu Hemat Energi 220 V Dengan LED

. 28 April 2011
,Share,

Dengan tingginya biaya biaya PLN listrik saat ini apalagi sering padam dan kita juga sering menggunakan emergency lampu, Mungkin terpikir oleh kita untuk membuat atau membeli lampu penenerangan mengunakan daya listrik 220 volt yang hemat energi. Untuk menekan biaya pengeluaran tiap bulan yang semakin membegkak saja... :). Solusinya adalah membuat kapasitor bank  Solusi lainnya adalah menggunakan lampu 220 Volt dengan menggunakan lampu LED (light emitting dioda) . Yah.. karena LED membutuhkan sedikit daya untuk memancarkan cahaya keunngulanya dapat dilihat disini.
Sebuah LED adalah sejenis dioda semikonduktor istimewa. Seperti sebuah dioda normal, LED terdiri dari sebuah chip bahan semikonduktor yang diisi penuh, atau di-dop, dengan ketidakmurnian untuk menciptakan sebuah struktur yang disebut p-n junction. Pembawa-muatan - elektron dan lubang mengalir ke junction dari elektroda dengan voltase berbeda. Ketika elektron bertemu dengan lubang, dia jatuh ke tingkat energi yang lebih rendah, dan melepas energi dalam bentuk photon.
Untuk membuat rangkaian lampu LED yang dapat digunakan untuk suber listrik PLN 220 Volt dapat anda lihat pada gambar berikut. Setiap rangkaian dapat menggunakan minimal 30 buah lampu LED.


Pasang led pada selembar PCB berlubang untuk memepermudah pemasangan serta jangan lupa buatkan reflektor dari bahan yang mengkilat. Reflektor ini dapat berfungsi sebagai penguat ataupun pengarah cahaya LED sesuai dengan yang kita inginkan.
selamat bereksperimen semoga bermanfaat....
Anda tidak ingin susah-susah membuatnya silahkan beli di toko-toko peralatan listrik terdekat atau silahkan lihat artikel berikut:
http://hanya-kutipan.blogspot.com/2012/10/lampu-led-220v-hemat-energi.html


Bookmark and Share

Artikel Terkait Lainnya:




4 komentar:

Proliant mengatakan...

nice article.

Hybrid car mengatakan...

ada rangkaian yang lain enggak ? dimana-mana nemunya cuma ini. saya coba untuk straw hat 0.5 watt nggak bisa....

Achmad Sany mengatakan...

Min mau nanya nih, kan aku udah berhasil bikin lampunya, tapi kok redup ya kenapa itu min...


Wido Aji Wibowo mengatakan...

coba dikurangi jumlah LED-nya pak Ahmad

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Pasang Banner Anda Di Sini

 
Hanya Kutipan is powered by Blogger.com