Cari Informasi lainnya melalui pencarian berikut:

Lihat Info UKK SMK 2012 di sini

09 Juni 2013

Mapel KKPI diganti Simulasi Digital

. 09 Juni 2013
,Share,

Mapel Simulasi Digital Pengganti KKPI
Konsep Mapel Simulasi Digital Pengganti KKPI
Kurikulum 2013 segera dilaksanakan pada tahun ajaran 2013/2014 ini. Untuk SMK dimulai dari kelas X tahun ajaran baru ini. Sekolah-sekolah yang harus melaksankan kurikulum 2013 juga telah dipilih. Dengan adanya pergantian kurikulum juga akan terjadi pergantian atau bahkan pengurangan mata pelajaran. Contohnya untuk SMK adalah Mapel Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi atau sering juga disebut KKPI. Karena pada kurikulum 2013 KKPI ditiadakan maka pengganti Mata Pelajaran KKPI di Kurikulum SMK 2013 adalah Simulasi Digital. Mungkin anda baru mendengar seperti saya hehehehe. Untuk mengenal lebih jauh apa itu Simulasi Digital. Yuk kita belajar bareng-bareng....

Seperti yang kami kutip dari http://amiroh.web.id/. Mata Pelajaran “Pengelolaan Informasi” yang terdapat pada struktur kurikulum 2013 untuk Bidang Keahlian Teknoogi Informasi dan Komunikasi (yang sudah dipublish sebelumnya), rencananya akan digantikan oleh Mata Pelajaran Simulasi Digital, dengan bobot waktu yang sama. Sedangkan untuk jurusan selain TIK, jam untuk mata pelajaran ini akan dipecahkan dari mata pelajaran tertentu yang memiliki jumlah jam yang relatif ‘gemuk’.

Mata pelajaran Simulasi digital ini rencananya pada awal penerapan Kurikulum 2013 wajib diterapkan kepada seluruh SMK Invest. Dan para guru yang akan mengajar mata pelajaran Simulasi Digital ini adalah mantan Guru KKPI yang telah memiliki sertifikat kompetensi Simulasi digital.

Maka, sebelum diterapkan mata pelajaran Simulasi Digital ini, para guru Simulasi Digital (mantan guru KKPI) akan dilatih oleh master trainer melalui ICT Center di tiap kabupaten. Dan setelah pelatihan, guru Simulasi Digital akan diuji (test) untuk mendapatkan sertifikat tersebut.

Selanjutnya, adalah tugas kami (peserta workshop) untuk menentukan konten dari mata pelajaran ini.
Maka, berdasarkan diskusi dengan beberapa pihak industri pada hari sebelumnya, dan dengan melihat perkembangan teknologi dan kebutuhan tenaga kerja berdasarkan kompetensi yang dibutuhkan pihak industri saat ini, maka kami merumuskan beberapa konten materi Simulasi Digital sebagai berikut :


  • Pembelajaran Kolaboratif
  • Digital Book
  • Komunikasi dan Interaksi online
  • Video Editing
  • Simulasi Visual

Untuk lebih lengkapnya lihat SK-KD Simulasi Digital disini


Bookmark and Share

Artikel Terkait Lainnya:




0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Pasang Banner Anda Di Sini

 
Hanya Kutipan is powered by Blogger.com