"Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin"

Analisis Kualitas Antena


Antena yang anda buat telah maksimal atau belum, perlu di analisis, dalam ubuntu ada software gratis yang berguna untuk menganalis antena. NEC2 adalah singkatan dari Numerical Electromagnetics Code (versi 2) dan adalah free software untuk pemodelan antenna. NEC2 membantu anda membuat model antena dalam tiga dimensi, dan mensimulasi respon elektromagnetik antena. NEC2 dikembangkan lebih dari sepuluh tahun yang lalu dan sudah di-compile agar dapat berjalan di banyak sistem komputer yang berbeda. NEC2 benar-benar efektif untuk menganalisa model wiregrid, tetapi juga mempunyai suatu kemampuan permodelan patch permukaan.
Disain antena di tulis / di jelaskan dalam sebuah file teks, dan model dibangun menggunakan deskripsi teks ini. Antena yang dijelaskan dalam NEC2 diberi dalam dua bagian: struktur dan urutan kontrol. Struktur secara sederhana adalah deskripsi numerik mengenai dimana bagian-bagian antena yang berbeda ditemukan, dan bagaimana kawat disambung. Kontrol memberi tahu NEC di mana sumber RF dihubungkan. Setelah semuanya jelas, antena yang memancarkan kemudian dijadikan model. Karena teori ketimbal-balikan, pola gain pemancaran sama seperti yang penerimaan, sehingga memodelkan sifat pengiriman sudah cukup untuk memahami perlilaku antena secara lengkap. Frekuensi atau wilayah frekuensi dari sinyal RF harus ditentukan. Elemen penting berikutnya adalah karakteristik tanah. Kondutivitas tanah berubah-ubah dari satu tempat ke tempat lain, tetapi dalam banyak kasus konduktivitas itu memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan pola radiasi antena.
Untuk menjalankan NEC2 di Linux, pasanglah paket NEC2 dari URL yang tersedia di bawah. Untuk menjalankannya, ketik nec2 dan masukan nama file input dan ourput. Hal lain yang juga penting adalah memasang paket xnecview untuk verifikasi struktur dan plot pola radiasi. Jika semua yang berhasil anda akan mempunyai file berisi output perhitungan. File ini dibagi ke dalam berbagai bagian, tetapi untuk dapat memahami secara cepat pola radiasi dapat dilihat menggunakan xnecview. Anda akan melihat pola radiasi yang diharapkan, secara horisontal omnidirectional, dengan puncak di sudut take off. Versi Windows dan Mac juga tersedia. Keuntungan NEC2 adalah bahwa kita dapat mendapatkan pemahaman mengenai bagaimana antena bekerja terlebih dahulu sebelum membuatnya, dan bagaimana kita dapat mengubah bentuk untuk mendapat gain maksimum. NEC2 adalah software yang kompleks dan memerlukan suatu penelitian untuk memperlajari bagaimana caranya untuk menggunakannya secara efektif, tetapi NEC2 adalah alat yang sangat berharga bagi perancang antena. NEC2 tersedia di http://www.nec2.org sumber :http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/WNDW:_NEC2

Berlangganan info dari kami silahkan masukan email anda:

0 Response to "Analisis Kualitas Antena"

Posting Komentar