"INFO: REKRUTMEN P3K MULAI 2019"

Konversi Nilai Ulangan Siswa Dengan Open Office Calc


Hari-hari ini memang lagi musimnya menghitung nilai. Nilai yang telah kita ambil dari nilai ulangan harian, nilai tugas, nilai mid semester maupun nilai semester telah kita masukan ke rumus atau kriteria yang diberikan oleh sekolah. Setelah semua masuk maka ada beberapa siswa yang harus remidi karena nilainya tidak memenuhi kriteria. Lalu kita lakukan remidi kepada mereka. Tetapi masalah muncul setelah kita remidi berulang kali hasilnya tetap tidak memenuhi kriteria. Ada beberapa rekan guru yang langsung memberikan mereka dengan nilai terendah (KKM) agar semua siswa bisa langsung tuntas heheheh. Tapi ada cara untuk melakukan Konversi Nilai dengan Menggunakan Open Office Calc atau pakai Ms. Excel juga bisa...Langsung saja lihat gambar berikut

Untuk filenya dapat anda download disini
Pada gambar di atas nilai asli siswa kita masukan pada kolom C3 s.d. C 13 ini saya contohkan untuk 10 orang siswa saja. Anda bisa menmabah jumlah siswa sesuai kelas yang anda ajar. Setelah itu buatlah nilai tertinggi dan nilai terendah denga rumus MAX dan MIN. Untuk range adalah hasil dari nilai tertinggi dikurangi dengan nilai terendah.
Untuk menentukan nilai konversi kita hanya mengisikan nilai minimal serta nilai maksimal yang kita inginkan. Penentuan nilai minimal dan nilai maksimal ini tergantung dari kebutuhan anda sendiri. Disesuaikan dengan kemampuan siswa anda sendiri dan yang paling tahu adalah anda yang mengajarnya. Misal pada nilai minimal kita isikan sesuai dengan nilai KKM dan nilai maksimal kita tambah sedikit dari nilai masimal yang asil. Pada gambar nilai minimal dadi 40 saya akan naikan menjadi 65 serta nilai maksimal saya naikan menjadi 85.Setelah di masukan rumus maka akan muncul nilai konversi yang kita inginkan.
Dengan model konversi seperti ini diharapkan tidak merugikan bagi siswa yang telah mendapatkan nilai tinggi, serta keungkinan nilai di atas seratus 100 tidak akan terjadi. karena nilai tertinggi dapat kita tentukan.
Untuk penilaian ini dapat disesuai dengan kebutuhan anda... dan paling baik adalah menggunakan nilai asli...
Semoga bermanfaat...

Berlangganan info dari kami silahkan masukan email anda:

1 Response to "Konversi Nilai Ulangan Siswa Dengan Open Office Calc"