"Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin"

Menghitung Ukuran Resitor Untuk Rangkaian LED


Apabila kita akan memasang lampu LED pada tegangan tertentu misalnya untuk lampu dengan tegangan 220 volt, selain tegangan/voltase harus searah dan stabil, maka di perlukan resitor untuk membatasi arus yang masuk pada LED. Berapa ukuran resitor yang akan kita pasang, Calculator LED diperlukan disini. Anda dapat mencoba kalkulator LED di halaman berikut: http://ledcalc.com. Sebenarnya banyak situs-situs lainnya yang hampir sama, silahkan googling ndiri ya.... :)
Oke langsung saja kita coba, misalnya led akan kita pasang pada motor yang menggunakan tegangan aki 12 Volt dan kita akan pasang LED warna putih ukuran 5mm. (spesifkasi macam2 led dapat anda lihat disini). Untuk lampu led putih ini spesifikasnya dapat anda lihat pada gambar berikut:
dengan spesifikasi diatas, misal kita akan pasang 6 buah lampu led di motor kita maka dengan bantuan kalkulator led di dapatkan rangkaian sebagai berikut (http://ledcalc.com/):


Apabila nyalanya kurang terang slahkan pakai LED dengan daya besar seperti gambar di bawah ini:
Selamat mencoba, smoga bermanfaat

Berlangganan info dari kami silahkan masukan email anda:

4 Responses to "Menghitung Ukuran Resitor Untuk Rangkaian LED"

  1. okey bro infonya... saya pengen bikin lampu sorot dengan power accu 6V.. output yg ane inginkan 10W.. bisa dibantu bro rangkaian & led yg mesti ane pasang... maklum ane gak paham kaya ginian...

    BalasHapus
  2. Please contact us if you need our products.Welcome to patronize our Website!
    buy led lights

    BalasHapus