"Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin"

Waspada Banjir Siklus 5 Tahunan di Kota Purwodadi


Musim hujan telah datang, curah hujan mulai tinggi, kemarin Minggu 3 Desember 2011, di daerah Kecamatan Grobogan, utara kota Purwodadi telah terjadi banjir,, bahkan sampai merenggut nyawa manusia. Apakah anda telah melakukan persiapan-2 persiapan kalau datang banjir lagi di tahun ini? Smoga saja tidak terjadi banjir kembali, itu harapan kita semua....Tapi tidak ada salahnya kalau anda selalu waspada, khususnya anda yang tinggal di daerah rawan banjir.
Berikut berita dari vivanews.com : VIVAnews- Menko Kesra, Agung Laksono, mengatakan curah hujan yang dimulai pada tahun ini harus diwaspadai karena menjadi siklus banjir 5 tahunan. Pemerintah telah menyiapkan dana Rp3-4 triliun dalam bentuk Paket Dana Cadangan Bencana untuk mengantisipasi banjir.
"Kami selalu siap sedia menganggarkan berapa pun yang diperlukan untuk bencana yang diharuskan untuk kita tangani. Paket Dana Cadangan Bencana, setiap tahun dialokasikan Rp3-4 Triliun akan dilakukan secara efektif," ujarnya di Tangerang Selatan, Minggu, 3 Desember 2011.
Menurutnya curah hujan tahun 2011 ini adalah siklus 5 tahunan yang kemungkinan lebih besar dari tahun sebelumnya. "Kemungkinan bisa terjadi banjir di beberapa daerah di Indonesia, termasuk Jakarta," ungkapnya.
Agung mengaku sudah memantau dan berkunjung ke beberapa provinsi yang ditengarai kemungkinan terjadi banjir, seperti Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. "Pada umumnya mereka siap, mulai dari evakuasi korban, dan hal lain terkait bencana banjir. Ini bentuk kesiapsiagaan," tuturnya.
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo, mengatakan, pihaknya sudah menyediakan dana untuk bencana banjir sebesar Rp116 Miliar untuk seluruh Indonesia. "Kami sedang mengajukan tambahan Rp 100 Miliar untuk tahun 2011 sampai akhir Desember," ungkapnya.

Berlangganan info dari kami silahkan masukan email anda:

1 Response to "Waspada Banjir Siklus 5 Tahunan di Kota Purwodadi"

  1. Memang kita harus waspada menghadapi setiap bencana yang akan datang pak, tetapi kalau seperti banjirdi Grobogan kemarin tidak ada yang bisa mempersiapkan karena banjir datang secara tiba-tiba.

    BalasHapus