"Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin"

Menentukan Koordinat Antena WiFi dengan Wikimapia


Anda akan melakukan pointing antena? tetapi tidak memiliki GPS, padahal jaraknya lumayan jauh...Ada cara yang mudah untuk melakukan pointing antena dengan menggunakan wikimapia.org atau google map untuk menentukan koordinat kedua posisi antena kita. Didukung dengan perkembangan peta yang ditampilkan oleh wikimapia yang semakin detail pada saat ini. berikut langkah-langkahnya...

  1.  Buka www.wikimapia.org
  2. Ketikan nama kota yang dicari pada kolom pencarian lalu klik search, misalnya saya cari kota Purwodadi maka hasilnya dapat anda lihat disini .
  3. Jangan lupa ganti Map Type menjadi satelite sehingga akan terlihat peta keadaan sebenarnya dibumi.
  4. Perbesar atau zoom peta sehingga tempat atau posisi antena dapat terlihat dengan tepat. Disini saya menentukan SMKN 1 Purwodadi untuk menentukan koordinat pertama, letakan tanda plus (+) pada posisi antena yang akan kita cari posisinya, hasinya dapat anda lihat disini
  5. Klik pada bagian kiri bawah halaman  wikimapia yang telah anda tentukan posisinya, makan akan muncul koordinat yang kita inginkan (lihat pada gambar).
  6. Lakukan hal tersebut di atas pada posisi antena kedua.
  7. Catat Posisi antena pertama dan posisi antena kedua, lalu masukan koordinatnya pada software penghitung posisi antena yang dapat anda download disini.
  8. Ambil kompas lalu tentukan arah antena. Untuk membaca kompas baca di http://pramuka.ict-purwodadi.net/?p=484
  9. Selamat mencoba....
  10. Semoga berhasil

Berlangganan info dari kami silahkan masukan email anda:

1 Response to "Menentukan Koordinat Antena WiFi dengan Wikimapia"