"Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin"

Pointing antena WiFi


Apakah anda pernah mengalami kesulitan dalam melakukan pointing antena WiFi atau mengarahkan antena dengan tepat ke sautu BTS ataupun antena WiFi yang lain. Hal ini tidaklah pekerjaan yang ringan. Kita harus melakukan dengan kerja keras untuk mendapatkan antena yang tepat sehingga memperoleh sinyal yang maksimal.
Salah satu alat yang diperlukan adalah GPS (Global Positioning System) yaitu alat yang digunakan untuk memeperoleh posisi koordinat yang tepat dari suatu antena. Selain koordinat GPS juga dapat menentukan elevasi atau ketinggian permukaan di atas permukaan laut. Harga GPS yang mahal akan memberikan ketelitian dari koordinat maupun elevasi antena kita.
Apabila kita telah memperoleh kedua koordinat tempat yang akan kita sambungkan maka kita akan mudah untuk menentukan arah antena dengan software perhitungan berikut (kadang arah antena juga dapat kita tentukan juga dengan GPS).
Sofware perhitungan ini adalah karya seorang senior dari Teknik Elektro ITB, Ir. Wulawarman Wangsaputra. Software ini dibuat dari Excel tetapi dapat juga anda gunakan dengan Open Office Spreedshet (lihat gambar) file dapat anda download disini: wireless-network-calculation-2-2003
Apabila anda tidak memiliki GPS, untuk menentukan koordinat suatu posisi bisa anda gunakan wikimapia atau google map, silahkan buka pada posting berikut menentukan koordinat antena wifi dengan wikimapia ....

Berlangganan info dari kami silahkan masukan email anda:

0 Response to "Pointing antena WiFi"

Posting Komentar