"Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin"

Hujan Debu Jangan Kucek Kucek Mata


Abu volkanik yang berupa butiran berujung runcing, terusun oleh mineral gelas tak berkristal
Terdengar suara seberti bom terdengan tadi malam 13 Februari 2014, ternyata Gunung Kelud Erupsi atau Meletus alias Mbledhos. Pagi ini beberapa daerah di seperti Jogja, Solo, Boyolali atau bahkan Purwodadi terjadi Hujan Debu/Abu. Kota-kota tersebut jaraknya lebih dari 201 Km dari Gunung Kelud yang berada di daerah Kediri, Blitar dan Malang di Jawa Timur. Bahkan di daerah solo dan Jogja sampai ketebalan 2 cm lebih.
Karena ada Debu Vulkanik berbentuk kecil dan tajam (lihat gambar) maka anda jangan sekali-kali kucek-kucek mata hindari sebisa mungkin agar tidak kena mata.
Berikut kutipan tentang abu vulkanik.
Secara geologis, abu volkanik adalah material batuan volkanik yang berasal dari magma panas dan cair yg membeku secara cepat. Batuan beku sejatinya kumpulan mineral yang membeku dan mengkristal dari magma cair. Karena membeku cepat maka magma ini tidak sempat mengkristal dengan baik. Karena tidak mengkristal dalam geologi material bekuannya disebut gelas. Ya mirip gelas kaca yang kita pakai itu.
Dibawah mikroskop abu volkanik ini memiliki bentuk yang runcing-runcing seperti pada gambar

Abu volkanik yang berupa butiran berujung runcing, terusun oleh mineral gelas tak berkristal.
Pedih dimata dan menganggu pernafasan.
Karena bentuknya yang runcing-runcing inilah tentunya kita tahu kalau material ini akan menganggu kesehatan. Perlu berhati-hati bila masuk ke mata, PAKAI MASKER dan kalau masuk ke mata JANGAN DIUCEK-UCEK !!
Untuk pengguna contact lens sebaiknya jangan pakai kontak lens dahulu untuk menghindari abrasive dari kornea mata. Gunakan kacamata yg lebih menutup supaya jangan sampai kelilipan.

Siram pakai air jangan dilap.
Tutuplah barang-barang dari debu volkanik. Tutup mobil anda atau juga barang-barang yg mengkilap lainnya. Seandainya abu ini terkena bahan-bahan yang mengkilap termasuk kacamata anda jangan langsung dilap, tetapi guyurlah dengan air segera. Gelas ini kalau dilap akan berfunsi seperti amplas. Tentusaja akan mengurangi kilapnya barang-barang milik anda yg perlu juga dilindungi, kan ?
Gunung Kelud sedang meletus, kita harus MENGHINDAR, menunggu dan memperhatikan letusannya masih belum berhenti aktifitasnya, tetaplah waspada dan berhati-hati.
sumber: http://rovicky.wordpress.com/

Berlangganan info dari kami silahkan masukan email anda:

0 Response to "Hujan Debu Jangan Kucek Kucek Mata"

Posting Komentar