Apabila kita akan melamar pekerjaan pasti banyak perusahaan maupun instansi yang memberikan syarat untuk melampirkan, untuk lamaran CPNS juga pasti harus melampirkan SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang pada jaman dulu biasa juga disebut Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB). Surat ini diterbitkan oleh Kepolisian. Lalu bagaimana untuk mendapatkan surat tersebut beriut langkah-langkahnya:
Syarat-syarat untuk penerbitan SKCK:
1. Membuat Baru
a. Membawa Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan tempat domisili pemohon.
b. Membawa fotocopy KTP/SIM sesuai dengan domisili yang tertera di Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan.
c. Membawa Pas Foto terbaru dan berwarna ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar.
d. Mengisi Formulir Daftar Riwayat Hidup yang telah disediakan di kantor Polisi dengan jelas dan benar.
e. Pengambilan Sidik Jari oleh petugas.
2. Memperpanjang masa berlaku SKCK
a. Membawa lembar SKCK lama yang asli/legalisir (Maksimal telah habis masanya selama 1 Tahun)
b. Membawa fotocopy KTP/SIM.
c. Membawa Pas Foto terbaru yang berwarna ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar.
d. Mengisi formulir perpanjangan SKCK yang disediakan di kantor Polisi.
Biaya yang harus dikeluarkan:
Menurut:
UU RI No.2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia;
PP RI No.50 Tahun 2010 tentang Tarif atas Jenis Penerimaan Bukan Pajak yang berlaku pada instansi Polri;
Maka di beritahukan kepada seluruh pemohon SKCK Baru / Perpanjang dikenakan tarif ADMINISTRASI SKCK = RP.10.000,- (SEPULUH RIBU RUPIAH)
sumber: Divisi Humas Mabes Polri
Ngurus SKCK boleh di luar alamat KTP ga iy?
BalasHapuskliatanya tidak boleh
Hapusterimakasih banyak infonya, sangat membantu saya dalam mencari SKCK, ternyata gak sulit ya buat SKCK.
BalasHapus