"INFO: REKRUTMEN P3K MULAI 2019"

Skema Standing Wave Ratio (SWR)


Dalam telekomunikasi misalnya Komunikasi HT maupun WiFi 2,4 MHz atau 5,8 MHz, standing wave ratio (SWR) adalah rasio amplitudo gelombang parsial berdiri pada titik perut (maksimum) untuk amplitudo pada node yang berdekatan (minimal), di jalur transmisi listrik.
SWR biasanya didefinisikan sebagai rasio tegangan disebut VSWR, karena rasio tegangan gelombang berdiri. Misalnya, nilai VSWR 1.2:1 menunjukkan gelombang berdiri amplitudo maksimum yang adalah 1,2 kali lebih besar dari nilai minimum gelombang berdiri. Hal ini juga memungkinkan untuk mendefinisikan SWR dalam hal arus, menghasilkan ISWR, yang memiliki nilai numerik yang sama. Kekuatan gelombang yang berdiri rasio (PSWR) didefinisikan sebagai persegi VSWR tersebut.
Praktis implikasi dari SWR.
Kasus yang paling umum untuk mengukur dan memeriksa SWR adalah ketika menginstal dan tuning antena transmisi. Ketika pemancar dihubungkan ke antena dengan garis pakan, impedansi dari antena dan jalur pakan harus sama persis untuk transfer energi maksimum dari garis pakan untuk antena menjadi mungkin. Impedansi dari antena bervariasi berdasarkan banyak faktor, termasuk: resonansi alami antena di frekuensi yang sedang dikirim, tinggi antena di atas tanah, dan ukuran konduktor digunakan untuk membuat antena.
Ketika antena dan feedline tidak memiliki pencocokan impedansi, beberapa energi listrik tidak dapat ditransfer dari feedline ke antena. Energi tidak ditransfer ke antena tersebut dipantulkan kembali ke penerima. Ini adalah interaksi dari gelombang ini tercermin dengan gelombang maju yang menyebabkan pola gelombang berdiri. daya Tercermin memiliki tiga implikasi utama di pemancar radio: Radio Frekuensi (RF) kerugian energi meningkat, distorsi pada pemancar karena daya tercermin dari beban dan kerusakan transmitter dapat terjadi

Matching impedansi dari antena ke impedansi dari garis pakan biasanya dilakukan dengan menggunakan antena tuner. tuner ini dapat dipasang di antara pemancar dan garis pakan, atau antara garis pakan dan antena. Kedua metode instalasi akan memungkinkan transmitter beroperasi pada SWR rendah, tetapi jika tuner ini dipasang pada transmitter, garis pakan antara tuner dan antena masih akan beroperasi dengan SWR yang tinggi, menyebabkan tambahan energi RF yang akan hilang melalui feedline.
Banyak operator radio amatir ketidakcocokan impedansi mempertimbangkan masalah serius. Namun, hal ini tidak terjadi. Dengan asumsi ketidakcocokan adalah dalam batas-batas operasi dari pemancar tersebut, operator radio hanya perlu khawatir dengan kerugian daya pada saluran transmisi. rugi Power akan meningkat dengan meningkatnya SWR, namun kenaikan ini sering kurang dari amatir radio mungkin menganggap banyak. Sebagai contoh, sebuah antena dipole disetel untuk beroperasi di pusat-3.75MHz dari 80 meter-band amatir radio akan pameran SWR sekitar 6:01 di pinggiran band. Namun, jika antena diberi dengan 250 kaki coax RG-8A, kerugian akibat gelombang berdiri hanya 2.2dB. kehilangan garis Feed biasanya meningkat dengan frekuensi, sehingga antena VHF dan di atas harus sama dengan erat dengan feedline tersebut. 06:01 mismatch sama dengan 250 kaki RG-8A membujuk akan menimbulkan kerugian pada 10.8dB 146MHz.

Berlangganan info dari kami silahkan masukan email anda:

0 Response to "Skema Standing Wave Ratio (SWR)"

Posting Komentar