"Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin"

Lucid Puppy - Linux untuk Komputer Tua


Salah satu target asli Linux adalah komputer bertenaga sangat kecil yang bila tak terpakai akan mengumpulkan debu di atas lemari atau memenuhi tempat sampah. Sementara itu terdengar seperti tujuan mulia, kenyataan tidak bagi sebagian besar distribusi Linux saat ini. Xubuntu bilang untuk komputer sumber daya terbatas, tetapi bahkan memiliki kebutuhan memori minimal 256 MB. Anda mungkin tidak akan memiliki pengalaman yang sangat menyenangkan menjalankan Firefox pada mesin dengan kurang dari 512 MB memori.
Ada beberapa distribusi diperuntukan pada sumber daya komputer minimal termasuk DSL, Puppy Linux, SliTaz dan Tiny Core Linux. Pada revview kali ini kami terfokus pada versi terbaru dari Puppy Linux disebut LuPu 5.0.1. Rilis ini didasarkan pada Ubuntu Lucid Lynx. Live CD hanya 130 MB tapi dapat memuat banyak aplikasi. Sejauh persyaratan sistem yang tidak muluk-muluk, Puppy Linux wiki mengatakan versi saat ini akan berjalan pada mesin 166 Mhz dengan setidaknya 128 MB memori. Silahkan langsung ke :http://www.puppylinux.org/
Live CD Puppy's termasuk peralatan otomatis untuk membuat USB bootable atau instalasi lokal. Instalasi ke hard drive lokal sedikit rumit tapi bisa dilakukan. kesalahan pertama kami tidak menginisialisasi hard drive terlebih dahulu. Tidak ada masalah karena installer Puppy termasuk GParted untuk membuat pekerjaan cepat dan kemudian menghapus partisi hard drive Anda. Setelah langkah ini selesai sisa instalasi berjalan tanpa hambatan.
desktop menggunakan Openbox / LXPanel. LXDE singkatan Ringan X11 Desktop Environment dan secara khusus dibangun dengan sumber daya komputasi yang minimal dalam pikiran. Jika Anda belum tertangkap oleh sekarang, tema umum adalah "sumber daya komputasi minimal". Ini hampir sama untuk aplikasi tersedia juga. Semua aplikasi inti memenuhi persyaratan yang berjalan pada mesin dengan CPU kinerja terbatas, grafis dan memori.
Dasar menginstal Puppy Linux termasuk semua aplikasi pengguna biasa mungkin perlu untuk hal-hal seperti chat, e-mail, web browsing dan word processing. Ayttm meliputi semua basis untuk chatting termasuk AIM, IRC, Jabber, MSN dan Yahoo. Untuk e-mail ada Sylpheed yang meliputi dukungan untuk IMAP4 dan layanan surat POP3. Puppy Browser default Web browser meskipun Anda dapat menginstal Firefox, jika Anda inginkan. Sadarilah bahwa Firefox adalah babi memori, dan Anda akan melihat penurunan performa jika Anda memilih untuk menginstal dan menjalankannya pada mesin yang lebih tua. Yang sedang berkata, kami memberikannya spin, dan itu berhasil walaupun rendering halaman itu lambat di kali.
Abiword merupakan suatu pengolah kata yang memadai dengan fitur setara dengan sesuatu seperti Microsoft Works. Ini bukan sebagai fitur lengkap sebagai Open Office, tapi tidak membutuhkan sebanyak dengan cara sumber daya sistem. Open Office juga tersedia dari repositori, tetapi juga memiliki kebutuhan memori yang cukup besar. Ada Gnumeric untuk melakukan pekerjaan spreadsheet, mtPaint untuk grafis dasar dan Inkscape Lite untuk melakukan ilustrasi. Untuk kalender, kontak dan manajemen tugas ada Osmo, meskipun itu benar-benar hanya sebuah aplikasi mandiri tanpa dukungan saat ini untuk sinkronisasi dengan apa pun.
Instalasi aplikasi baru menggunakan alat pada quickpet disebut desktop. PET adalah singkatan dari Memperlakukan Puppy's Extra dan adalah sebuah sistem manajemen paket. Pada kenyataannya sebenarnya file tarball dengan built-in md5 checksum untuk menguji integritas file setelah download. Puppy Package Manager menyerupai alat manajemen file lain seperti Synaptic Package Manager atau YaST. Ini dasarnya GUI dasar untuk menginstal aplikasi baru.

http://www.puppylinux.org/

Berlangganan info dari kami silahkan masukan email anda:

1 Response to "Lucid Puppy - Linux untuk Komputer Tua"

  1. kelebihan dan kekurangan puppy linux apa ????? ;))

    BalasHapus