"Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin"

Desain dapur untuk mengatasi ledakan gas LPG


Berita tentang ledakan gas LPG lagi santer-santernya di negeri ini. mungkin hampir tiap hari berita ledakan gas muncul di berita TV. Dari yang ledakan yang tidak memakan korban sampai ledakan yang sampai memakan korban jiwa, bahkan satu keluarga terkena ledakan semua. Sampai-sampai ada sloga "Jangan Kirimkan BOM ke Rumah Kami"
Gas LPG memang tidak seramah biogas dari kotoran sapi / biogas dari ampas tahu yang mungkin tidak sampai meledak seperti berita akhir ini. Bagaimana mengatasi ledakan kompor gas LPG? Mungkin banyak saran yang diberikan seperti disini. Tetapi desain dalam pembuatan dapur juga sangat mempengaruhi. Ledakan pada akhir-akhir ini salah satu penyebabnya adalah dapur yang kurang memiliki ventilasi udara, sehingga apabila terjadi kebocoran gas akan mengumpul pada ruangan tertutup tadi. Ini di tambah dengan berat jenis gas LPG lebih berat dari pada berat jenis udara, sehingga gas akan mengumpul di dasar lantai. Apabila gas sudah mengumpul dalam ruangan tersebut maka sedikit percikan api baik dari pematik gas itu sendiri, rokok, korek api atau bahkab percikan pada saklar waktu kita menyalakan atau mematikan lampu dapat menyulut gas tersebut dan akhirnya buuummmmm...meledaklah gas dalam ruangan tersebut.
Untuk itu desain dapur untuk mengatasi ledakan gas adalah dapur yang terbuka, seperti terletak di teras belakang misalnya...tetapi perhatikan juga keamanan dari pencurian..lhhooo...contoh dapat anda lihat di gambar..
Jadi bagi anda yang baru membangun rumah perhatikan desain dapur agar terhindar dari ledakan gas LPG...Smoga bermanfaat.

Berlangganan info dari kami silahkan masukan email anda:

1 Response to "Desain dapur untuk mengatasi ledakan gas LPG"