"INFO: REKRUTMEN P3K MULAI 2019"

Ujian Online Kompetensi Guru Bersertifikasi


Berita tentang Uji Kompetensi Ulang Guru yang Telah Bersertifikasi telah beredar di kalangan guru se Indonesia. Ya ..Uji Kompetensi Ulang ini beeritanya akan dilaksanakan bulan Juli mendatang dan akan dilaksankan secara online. Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan juga telah melakukan langkah-langkah untuk mempersiapkan Uji Kompetensi Ulang Guru Bersertifikasi tersebut walaupun belum tahu kepastian kapan dilaksanakan Ujian Online tersebut. Salah satunya adalah mengundang SMP maupun SMA/SMK yang memiliki Lab. Komputer untuk didata kemampuan serta jumlah PC yang dapat digunakan untuk Ujian Online. Nantinya sekolah-sekolah tersebut akan dijadikan TUKG (Tempat Uji Kompetensi Guru).
Disamping itu para guru sendiri juga sudah mulai bersiap diri (ada juga yang takut ...) menghadapai Ujian Online ini. Mulai membuka-buka materi PLPG yang lalu maupun mencari Contoh-Contoh Soal UKA yang dilaksankan bulan februari lalu. Semoga tidak sampai stress, dan tetep semangat untuk meningkatkan kemampuannya.
Salah satu keuntungan Ujian Online adalah mengurangi biaya cetak maupun kertas. Untuk Ujian Online berikut ini kemungkinan-kemungkinan yang mungkin diterapkan oleh Dinas Pendidikan;

Pertama, Ujian online dilaksanakan dengan menggunakan LMS (Learning Management System) seperti Moodle. LMS diinstal di salah satu server Dinas Pendidikan dan Ujian dilakukan di sekolah-2 yang ditunjuk sebagai TUKG serta membutuhkan koneksi internet. Kelemahan dengan model ini adalah dibutuhkannya server yang mumpuni untuk menagani banyaknya client yang melakukan ujian secara bersamaan, serta terjaminnya koneksi internet di sekolah sebagai TUKG. Hal ini dapat diatasi dengan menempatkan server lokal di setiap sekolah TUKG, namun dibutuhkan SDM yang memadai untuk instalasi serta administrasi server tersebut.
Kedua, Ujian dilakukan semi online yaitu dengan mmenayangkan soal pada LCD Projektor di masing2 kelas TUKG, lalu guru mengerjakan di LJK bersama-sama. Kelemahannya disini adalah kebocoran soal sangat mungkin terjadi.
Ketiga, Ujian dilaksanakan dengan melihat soal di TV maupun Teleconference yang disiarkan secara langsung dan bersamaan di seluruh Indonesia. Kemungkinan "perJokian" sangat besar dengan model ini.
Keempat, Uji Kompetensi Ulang Guru Bersertifikasi batal dilaksankan..heheheh
Selamat Belajar, semoga Sukses...
Info lain lihat di Ujian Online Guru Bersertifikasi Semakin Dekat

Berlangganan info dari kami silahkan masukan email anda:

3 Responses to "Ujian Online Kompetensi Guru Bersertifikasi"

  1. Mudah-mudahan Kedepan Nya Untuk Ujian Online Kompetensi Guru Bersertifikasi akan Berkembang dan akan Lebih Lancar Dilaksanakan

    BalasHapus
  2. Isna dari SLB Negeri 2 Padang8 Juli 2012 pukul 17.08

    Semoga Ujian on line kompetensi guru bersertifikasi dapat meningkatkan mutu guru-guru Indonesia..

    BalasHapus
  3. Nekjika saat pelaksanaan UKG kemudian ada masalah misalnya:
    1. Server center webnya down.
    2. Komputer klient yang digunakan hang
    3. Atawo masalah teknis dari panitia tempat UKG
    Kebijakannya bagaimana ya?

    BalasHapus