"Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin"

Linux Server dengan Webmin


ubuntu server tutorialWebmin adalah antarmuka berbasis web untuk administrasi sistem untuk Linux. Menggunakan web browser modern, Anda dapat setup account pengguna, Apache, DNS, file sharing dan banyak lagi. Webmin menghapus secara manual perlu mengedit file konfigurasi Linux seperti / etc / passwd, dan memungkinkan Anda mengelola sistem dari konsol atau jarak jauh.
Untuk server Ubuntu, anda dapat download Debian Package disini setelah itu copi file dengan extensi deb tersebut di server Ubuntu anda.
lalu lakukan perintah ini di root, atau pakai perintah sudo melalui user anda di Ubuntu.
dpkg --install webmin_1.510-2_all.deb
Sekarang anda bisa login Webmin melalui URL https://localhost:10000/ atau jika dilakukan login melalui remote dari klien ganti localhost dengan IP komputer server anda.
Username dan pasword sesuai dengan username dan password root server ubuntu anda.
Jika terjadi masalah pada waktu instalasi karena ada aplikasi lain yang harus diinstal lakukan perintah ini terlebih dahulu
apt-get install perl libnet-ssleay-perl openssl libauthen-pam-perl libpam-runtime libio-pty-perl libmd5-perl

Beberapa distro berbasis Debian (Ubuntu khususnya) tidak mengijinkan login dengan user root secara default. Namun, pengguna yang diciptakan pada saat sistem instalasi dapat menggunakan sudo untuk beralih ke root. Webmin akan memungkinkan pengguna yang memiliki kemampuan ini sudo untuk login dengan hak akses root penuh.

Berlangganan info dari kami silahkan masukan email anda:

0 Response to "Linux Server dengan Webmin"

Posting Komentar