"Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin"

Antena penguat sinyal 3G dan HSDPA


Jauh dari BTS 3G atau HSDPA yang berpengaruh pada sinyal yang kita terima di Modem kita dapat di akali dengan menmabahkan antena. Antena wajan bolik merupakan solusi yang sangat baik. Seperti skema wajan bolik untuk 2,4 MHz atau wifi untuk 3G atau HSDPA dapat dilihat pada gambar.
Dengan penambahan antena tersebut, kekuatan sinyal yang diteerima modem juga bertambah, shingga internet menjadi lancar juga. Ingin membuat antenanya, silahkan simak kutipan artikel berikut:

Konfigurasi wajanbolic 3G tampak pada gambar. Kunci utama wajanbolic 3G adalah digunakannya USB 3G yang dimasukan ke dalam pralon. Hasil perhitungan yang ada menunjukan bahwa diameter meminimal agar pipa pralon yang digunakan dapat beresonansi di frekuensi 1.95GHz harus minimal 9.5cm. Sayangnya, kebanyakan pralon 3” biasanya mempunyai diameter 9cm, jadi kita tidak mungkin menggunakan pralon 3”. Ukuran pipa pralon yang paling dekat adalah pipa pralon 4” yang rata-rata sekitar 11cm diameter-nya dan ini masih memenuhi syarat untuk dapat beresonansi pada frekuensi 1.95GHz.

Dimensi / ukuran yang di peroleh untuk antenna wajanbolic e-goen untuk 3G menggunakan wajan 51 cm yang ada di rumah saya adalah sebagai berikut,

Dw (Diameter Wajan) 51 cm
dw (Kedalaman Wajan) 14.9 cm
fw (fokus Wajan) 10.9 cm

D (Diameter Pralon) 10.9 cm
L (Panjang Lakban Al.) 25 cm
S (Lokasi USB Modem) 6.9 cm

Total panjang pralon adalah L + fw atau 35.9 cm. Perkiraan penguatan antenna wajanbolic e-goen para frekuensi 1.95GHz adalah sekitar 16 dBi cukup besar untuk menembak Base Station 3G pada jarak 2-3 km.

Berlangganan info dari kami silahkan masukan email anda:

2 Responses to "Antena penguat sinyal 3G dan HSDPA"