"Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin"

Belajar Menggunakan Internet atau Menggunakan Internet untuk Belajar


Mungkin kata-kata ini sangat mudah diucapkan, tetapi untuk pelaksanaannya pasti akan berbeda-beda tiap orangnya. Ada yang baru bisa belajar menggunakan internet tetapi ada juga yang sudah bisa menggunakan internet untuk belajar.

Apakah internet itu ? Istilah internet sedemikian populer, sehingga artinya menjadi rancu dan sayapu juga menjadi bingung. Berikut salah beberapa pengertian tentang internet(saya ambil juga dari internet, disini):

1. internet sebagai jaringan yang terhubung dalam internet protocol (IP) secara luas mencapai seluruh dunia.
2. internet (inter-network) sebagai sejumlah jaringan fisik yang saling terhubung dengan protocol yang sama (apa saja) untuk membentuk jaringan logic, selanjutnya disebut sebagai inter-network.
3. Internet sebagai komunitas jaringan komputer yang memberikan pelayanan http (world wide web). Dibedakan dengan intranet sebagai pelayanan http untuk kalangan terbatas. Pada mulanya pembatasan pada jaring fisik, yaitu LAN, kemudian berkembang termasuk pembatasan secara logis.
4. Intranet sebagai jaringan TCP/IP untuk kalangan terbatas. Masyarakat umum mengartikan sebagai jaringan lokal (LAN) dengan pengalamatan private IP.
5. Extranet sebagai jaringan TCP/IP untuk kalangan terbatas melalui internet umum. Tunneling, secure layer.

Klo menurut aku internet merupakan kumpulan informasi yang sangat luas dan lengkap. Di internet bisa kita cari informasi tentang apa saja, mulai dari politik, kesehatan, hobby, ilmu pengetahuan, sejarah dan masih banyak yang lain. Mulai dari yang informasi positip sampai dengan informasi yang negatip.

Karena di informasi di internet bisa muncul dengan bebasnya tanpa sensor maupun larangan dari suatu lembaga maupun negara, maka diperlukan tanggungjawab kita sendiri untuk menggunakan internet secara baik.

Banyak sekali kejadian serta tindak asusila akibat internet misalnya bisa klik disini
itu karena kita tidak bisa menggunakan internet secara bertanggung jawab.

Sekarang internet banyak diajarkan di sekolah-sekolah, dari SMP sudah mendapat pelajaran internet bahkan di tingkat SD, didukung dengan biaya koneksi internet yang semakin murah dan munculnya warnet-warnet, internet semakin banyak di akses oleh anak-anak sekolah.

Ada sekolah yang merasa bangga karena di sekolah tersebut telah terkoneksi dengan internet serta siswa-siswinya bebas menggunakan intenet. Sehingga banyak calon siswa yang mendaftar ke sekolah tersebut... Kita di Purwodadi lagi Demam Internet Nich....

Dengan semakin banyaknya orang yang bisa mengakses serta mengggunakan internet khususnya para siswa sekolah, Informasi yang sangat bebas tersebut bisa diakses secara bebas pula oleh mereka. Apakah ini tidak mengerikan?

Mendiknas bercita-cita di sutu sekolah atau kelas, semua siswa mempunyai laptop dan terkoneksi internet, jadi semua kelas juga menjadi lab komputer, jadi yang dulu siswa sekolah menulis di sabak terbuat dari batu, trus menulis di kertas seperti sekarang nantinya para siswa menulis dan mengakses informasi dari laptop masing-masing. Siapkah kita???

Mungkin kalo cuma dana maupun laptop yang kita siapkan untuk membuat kelas seperti itu sangat mudah, di Purwodadi pun sudah ada kelas seperti itu. Tetapi bisakah menjamin dengan kelas seperti itu bisa membuat siswa menjadi pandai atau lebih dari siswa yang lain yang tidak memakai fasilitas seperti itu? Ini mungkin juga jadi pertanyaan dari rekan-rekan guru semua.

Kesimpulanya, kita semua sudah bisa menggunakan internet, tetapi masih sulit menggunakan internet untuk belajar, khususnya untuk yang positif dan bertanggungjawab demi kemajuan bangsa ini....

Berlangganan info dari kami silahkan masukan email anda:

0 Response to "Belajar Menggunakan Internet atau Menggunakan Internet untuk Belajar"

Posting Komentar