"Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin"

Menambahkan Ayat Al-Qur'an di LibreOffice Writer


Walaupun baru-baru saja mengggunakan Linux di laptopku, orang menyebutnya masih "newbie". Aku telah mulai menyukai sistem operasi gratis ini. Apalagi setelah keinginan-keinginan untuk menggunakan aplikasi maupun fitur yang sama seperti di Jendela terpenuhi juga dengan Linux Ubuntu ini. Salah satunya adalah menulis atau menyisipkan Ayat-ayat Al-Qur'an dalam ketikan LibreOffice yang ternyata tak kalah dengan kemampuan Word 2007. Dengan sedikit browsing dengan mbah google maka telah ketemu tuorialnya yang aku tulis ulang sesuai dengan bahasaku ini.

Oke langsung saja ke TKP. Aplikasi untuk meyisipkan Ayat Al-Qur'an ini disebut dengan QIOO Qur’an. Aplikasi atau sebenarnya adalah extensions dari OpenOffice dapat anda download di repositori UGM yang dapat anda klik di link berikut: http://repo.ugm.ac.id/ekstra/office/openoffice-extras/extensions/. Disini juga banyak extensions-2 lainnya yang sangat bermanfaat bagi anda.

Saya memilih file QiOO-0.4b.zip untuk saya download, langsung saya ekstrak di folder download. Extraknya juga cukup mudah, tinggal klik kanan file tersebut dan pilih extrack here maka selesai sudah.
Selanjutnya Buka LibreOffice Writer atau OpenOffice Writer lalu pilih menu Tool lalu pilih Extension Manager lihat gambar di bawah ini:

Selanjutnya pilih add dan pilih file QiOO-0.4b.oxtyang telah kita extrak dari file yang telah kita download tadi. Maka akan muncul gambar seperti di bawah ini. Restart LibreOffice anda dan anda siap untuk menggunakan Extensions untuk menyisipkan Ayat Al-Qur'an.

Cara untuk meyisipkan Ayat Al-Qur'an adalah sebagai berikut:
Buka LibreOffice anda makan akan muncul Menu Baru yaitu AlQuran, pilih menu tersebut lalu pilih Choose Surah
Maka hasilnya adalah sebagai berikut:
Hasil ini menggunakan font default dari LibreOffice yang terinstall, untuk menghasilkan tulisan atau font yang anda inginkan anda harus mengisntall font lainnya. misalnya Font yang disertakan di File Zip yang anda download tadi.
Cara Install font silahkan lihat disini
Smoga bermanfaat.
referensi:
http://ugos.ugm.ac.id
http://code.google.com/p/qioo/
http://zekr.org/quran/

Berlangganan info dari kami silahkan masukan email anda:

0 Response to "Menambahkan Ayat Al-Qur'an di LibreOffice Writer"

Posting Komentar