"Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin"

Tidak Ada Soal Cadangan UN 2012


Untuk meminimalkan kecurangan maka pada Ujian Nasional Tahun 2012 ini tidak ada naskah soal cadangan. Jumlah soal akan disesuaikan dengan jumlah peserta UN itu sendiri. Apabila ada kekuranngan soal maka dimintakan kepada sekolah terdekat yang mungkin kelebihan soal atau mengcopy soal yangtelah dibuka sesaat sebelum ujian nasional dimulai.
Hal ini dilakukan guna mengurangi risiko kebocoran soal ujian. "Kalau terjadi kekurangan naskah soal ujian, bisa dicarikan ke sekolah lain," ujar anggota Badan Standar Nasional Pendidikan, Mungin Eddy Wibowo, saat ditemui usai rapat kerja pendidikan se-Jawa Tengah menuju UN yang jujur dan berprestasi 2012 di komplek Gubernuran Jateng, Rabu (28/3).

Jika sekolah lain juga tak memiliki naskah, maka bisa dicari ke tingkat kabupaten/kota. "Jika tidak memungkinkan, maka di-fotocopy, tapi harus disaksikan oleh panitia dan pengawas ujian," katanya. Dengan begini, Mungin optimis tidak akan terjadi kebocoran soal.

Bagi peserta ujian yang belum menerima naskah soal pada saat ujian, maka akan diberi tambahan waktu. Pasalnya hal ini merupakan kesalahan panitia pelaksana ujian sehingga jangan sampai siswa yang dirugikan.

Dirinya mengimbau para siswa yang akan menghadapi ujian nasional untuk dapat memahami materi dengan baik, percaya diri dengan apa yang sudah dipelajari. "Jangan terpengaruh hal-hal yang justru merumuskan, misalnya isu bocoran soal yang beredar," imbuhnya.

Siswa diharap tenang dan jangan cemas dengan menganggap ujian nasional adalah hal menakutkan. Mungin menyebut di sinilah peran guru untuk memberikan sistem pembelajaran yang baik agar siswa percaya diri. Hal ini bisa ditempuh dengan melaksanakan ujian harian, semesteran, atau rajin memberi latihan soal.
sumber

Berlangganan info dari kami silahkan masukan email anda:

0 Response to "Tidak Ada Soal Cadangan UN 2012"

Posting Komentar